Tuesday, April 21, 2009

SELLING ENGLAND BY THE POUND

Cover Selling England By The Pound

Album Selling England By The Pound merupakan album yang cukup monumental bagi grup musik besutan Peter Gabriel (Vokal), Steve Hackett (Gitar), Tony Banks (Keyboard, Synthetizer), Mike Rutherford (Bass) dan Phil Collins (Drum, Perkusi). Hampir seluruh tembang di album ini menunjukkan keagungan era progressive rock di era 1970-an.

Sebut saja tembang Firth of Fifth. Hadir dengan komposisi indah ala progressive rock, lagu itu diawali solo piano dari Tony Banks dengan pattern musik klasik. Jangan lupakan pula permainan flute Peter Gabriel yang mengalun di tengah-tengah deru permainan personil lainnya. Pelan namun syahdu dan sendu.

Klimaks lagu ini tatkala Tony Banks memainkan lead keyboard dan synthesizer. Ini menjadi ciri khas suatu pakem progressive rock saat itu. Kemudian diikuti dengan lead gitar bersuara chorus dan delay ditambah distorsi tipis dari Steve Hackett. Tak hanya itu, keahlian Phil Collins dalam lagu ini sangat memukau. Aransemen drumnya sangat khas.

Ada pula lagu bertempo cukup cepat berjudul Dancing With The Moonlit Knight. Ini diawali oleh alunan suara Peter Gabriel yang terdengar agak sumbang namun tetap memukau. Dalam lagu ini, satu terobosan baik dilakukan Steve Hackett: penggunaan teknik sweeping yang notebene jarang bahkan tidak pernah dipakai gitaris lainnya.

Dalam lagu tersebut, Genesis mengangkat tema Inggris di zaman medieval dimana pajak menjadi momok bagi setiap warga di sana. Sang drummer Phil Collins pun menggunakan pattern yang agak sinkop dan berciri khas dalam lagu itu.

Lagu Cinema Show menjadi satu lagu yang cukup menonjol. Lirik manis berbalut cinta mengawali lagu berkomposisi megah ini. Di tengah lagu pendengar akan dikagetkan dengan nuansa berbeda di bagian sebelumnya.

Tembang ini bisa menjadi acuan bagi ciri khas progressif rock yang senang bermain dan bereksplorasi dengan aransemen. Irama lagu itupun cukup cepat ditambah dengan komposisi musik yang semakin mencapai klimaks dan megah. Tak pelak lagu ini didapuk sejumlah pengamat musik sebagai salah suatu karya jenius dan cerdas.

Jangan lewatkan pula nomor-nomor lainnya yang tak kalah bagusnya, seperti more fool me dengan Phil Collin sebagai lead vocal, Battle of Epping Forest yang menceritakan permusuhan antara dua kubu di Inggris. Ada pula nomor instrumen yakni After the Ordeal dan nomor penutup Aisle of Plenty.

(RAS/210409)

No comments: