Wednesday, March 23, 2011

Iron Butterfly - Ball (1969)


pernahkah anda mencicipi rasanya mabuk tanpa narkoba? jika tertarik, anda harus mendengarkan album Ball dari band psychedelic rock, Iron Butterfly. ada sembilan lagu di dalam album yang dirilis pada tahun 1969 ini. nah, hampir setiap lagu mengambil irama yang mengawang, bahkan cenderung melayang.

pendengar album ini akan dibawa ke penghujung era 60-an. saat itu, narkoba bernama LSD maupun ganja tengah mengharu biru anak-anak muda yang menamakan diri mereka sebagai generasi bunga. klimaksnya yakni pada pagelaran monumental Woodstock tahun 1969. ketika itu, Iron Butterfly adalah salah satu penampilnya.

di album Ball, band yang digawangi Doug Ingle (vocal, organs), Erik Brann (guitar, vocal), Lee Dorman (bass, vocals) dan Ron Bushy (drums), ini mencoba bereksperimen dengan musik acid rock yang lebih mudah dicerna. komposisinya pun lebih melodius. namun, ciri khas alunan gitar yang kasar, masih tersemat di album ini.

ada beberapa materi yang pantas disimak dalam album Ball. sebut saja, Soul Experience. dentuman bass mengawali lagu nomor dua di album ini. kemudian, disambut dengan suara drum dan rhodes piano. gitar yang mengambil efek suara chorus dan delay pun tak mau ketinggalan. jadilah, racikan acid rock ala Iron Butterfly.

ada pula Belda-Beast. lagu yang dinyanyikan sang gitaris, Erik Brann, ini hampir mirip dengan Soul Experience. suara bass yang solid, rhodes piano dan gitar dengan efek chorus masih menjadi kekuatan di lagu ini. sebetulnya, dari segi sound, seluruh lagu hampir sama. simak saja, lagu Lonely Boys atau In the Crowds.

kendati begitu, bukannya album ini memiliki lagu-lagu yang homogen. sound album Ball menjadi salah satu candu yang bisa membuat pendengarnya "mabuk tanpa alkohol." tempo yang berbeda di setiap lagu, pun cukup memainkan emosi. saat mendengarkan album ini, anda seperti dibawa ke alam lain. alam penuh dengan bunga-bunga.

(ras/23032011)


No comments: