Thursday, July 14, 2011

insting psiko dan harmoni


kilas balik di tahun 1997. ketika itu, garage sound tengah menggema di seluruh negeri, tanpa terkecuali indonesia. sebut saja, netral, ahmad band serta plastik, meramaikan kancah musik nusantara. kali ini, saya ingin membahas tentang plastik, band garage beraliran psychedelic rock yang dibaurkan dengan irama blues serta grunge.

perkenalan dengan plastik, berawal dari sebuah album kaset usang berisi kompilasi lagu. salah satunya adalah lagu "seperti" dari band plastik. pendengaran pun tersentak. saya langsung menyukai. intro dengan nada minor, yang langsung disambut lead guitar dengan sound rada vintage. "this is marvelous," kata saya, kagum.

sekitar seminggu kemudian, saya melihat video klip band ini. kala itu, MTV tengah mengudara, sejumlah video klip dari band ternama pun mengharu biru. judul lagunya, "statis". adapun video itu didominasi warna muram, dengan latar belakang studio yang ditata menjadi sebuah ruangan. lampu remang-remang menambah nuansa vintage dari band itu.

Saat itu, band yang digawangi ipang (vokal), aray (gitar), iman (drum), didit (gitar) dan alexdu (bass), tengah merilis album keduanya, "insting psiko dan harmoni". langsung, saya beranjak ke toko kaset dan membelinya. dengan cover album bergambar tengkorak, album ini memincut pandanganku. hasilnya, jauh dari mengecewakan dan bagus.

kini saatnya membedah lagu di album itu. lagu pertama adalah "statis", singel unggulan dari album ini. lagu dengan beat midtempo, dengan nada manis di reffnya. lagu yang pas dinikmati ketika bersantai dengan secangkir kopi atau teh dan beberapa batang rokok. "uuuh, harus kemana, harus bagaimana, tak ada lagi yang diinginkan," seru ipang dalam lagu itu.

salah satu lagu yang cukup menarik adalah "gula". what can i say about this song? it's so psychedelic. ya, lagu ini membuat pendengar melayang menuju dunia yang antah berantah. lagu manis ini diwarnai backing vokal yang menghantui pendengarnya. memang, personel plastik cukup mahir pula membagi suara menjadi harmoni vokal yang indah.

ada pula lagu berjudul "=1" dan "instalasi diam". kedua lagu ini memiliki tipe yang sama, psychedelic dan membuai. tak hanya itu, ada juga lagu keras berirama rock yang disuguhkan plastik di album ini. sebut saja, "paracetamol" dan "borgol". terdengar, suara ipang memang memiliki kesamaan dengan vokalis pearl jam, eddie vedder.

secara keseluruhan, album ini patut didengar. terutama bagi mereka pencinta garage band. sepintas memang, band ini mirip slank. namun plastik konsisten dengan warna psychedelic yang diusung. kendati demikian, nama plastik tenggelam. mereka kalah pamor dengan nama-nama sebesar slank dan dewa. namun "insting psiko dan harmoni" selalu menjadi mastepiece.

(ras/14072011)

No comments: