Wednesday, July 13, 2011

menulis

jiwa ini menjadi liar kala menulis. imajinasi pun membuncah dan menyembur menciptakan payung teduh. payung berisi inovasi dan sisi kreatif. aku biarkan jari jemari ini melantunkan lagu ekspresif. entah riang atau sendu. aku biarkan dia mengalir, hingga tercipta rangkaian kata-kata indah, meski tak seindah yang diharapkan.

beruntung, Tuhan menciptakan komputer. jika tidak, mungkin aku akan meludeskan ribuan liter tinta dan ribuan batang pensil. kertas pun terbuang percuma. ini tidak mengenakkan bila aku mengenal pak papirus dari mesir, sang penemu kertas. intinya biarkan tuts berbunyi menciptakan irama seindah kata yang terangkai.

jujur, aku tidak tahu kemana arah tulisan ini. namun aku terus merangkai kata. kusisipkan kata-kata indah. aku biarkan imajinasiku melayang entah kemana. yang terang, saat ini aku tidak berada di tempat kuberpijak. aku mencoba melangkah ke taman. lalu, aku ciptakan sajak tentang pepohonan rindang dan rumput yang dibasuh air mancur taman.

menulislah dengan padanan kata beragam. alhasil, pembaca tidak akan merasa bosan. penulis bukan hanya merangkai kalimat dan kata. namun penulis bertugas mengedukasi pembacanya. kata-kata simbolis tidak akan membuat pembaca gila. malah, kata itu akan merangsang keingintahuan mereka dan mencarinya di kamus.

teruslah menulis...

(ras/14072011)

No comments: