Wednesday, July 13, 2011

vakansi


aku membuka hari dengan kata "selamat pagi". terucap dari mulut manis dan emosi yang meredam. terkadang pagi membuat otak terus bergelimang embun. ya, bak embun yang menempel dan merekat di tubuh dedaunan hijau. aromanya, tak dipungkiri, sejuk dan asri. namun, ini bukanlah embun yang pekat bagai kabut, halus dan dingin kala terbelai.

sulit memang memulai hari dengan otak yang kusut. dan aku pun berkata kepada Sang Empunya Semesta "wahai Tuhan, uraikanlah benang yang semrawut, jadikanlah baju hangat sehingg otak tak lelah berpikir. tanamkanlah cinta dan kemesraan di hati, agar dunia pun tersenyum. Ya, dunia milik-Mu wahai Pencipta Raga dan Jiwa Insani".

untuk hari ini, apresiasi besar aku berikan kepada white shoes and the couples company. playlistku kini. sudah rahasia umum, semua orang kerap membongkar susunan playlist mereka saban hari. ya, musik menciptakan mood berbeda dan suasana beragam saat didengarkan. tak ayal pula, musik bisa membawa seseorang berkelana, meski hanya jiwa tanpa raga.

rutinitas tidak menghabisi nyawaku, tapi cukup ampuh menciptakan awan mendung dengan gelegar petir di otakku. "jegeeerrr," kira-kira begitu bunyinya. meski tidak se-"jegeeerrr" halilintar asli. ketika rutinitas menjamah, aku bagaikan dibelai pisau dapur. ya, pisau yang senantiasa mengusap kulit dan berpotensi menciptakan kucuran darah segar.

darah dan halilintar. tunggu dulu, aku tidak ingin mengisahkan tentang horor dan iklim cuaca. aku ingin bercerita soal musik. musik lampau yang dilantunkan white shoes and the couples company. kini aku sedang mendengarkan album vakansi. album ajaib yang bisa menciptakan suasana mood liburan di hati. seperti bepergian di masa lampau.

mood indah diciptakan band ini saat lantunan "selangkah ke seberang" berkumandang. tembang lawas dari Fariz rm ini dibawakan kembali oleh band elok tersebut. uniknya, lagu ini menjadi lebih tua daripada ketika dibawakan oleh fariz sekitar awal 1980-an. ajaib memang. mereka mengaransemennya dengan tambahan bebunyian string dan instrumen sejuk bernama flute.

aransemen baru bukan berarti melupakan si empunya lagu. ya, anak-anak jebolan institut kesenian jakarta ini mengajaj serta faris rm untuk mengisi lagu tersebut dengan permainan ajaib synthesizernya. merinding memang, melihat dua generasi yang usianya terpaut jauh bermain bersama. uniknya, kolaborasi itu sukses.

lagu lainnya yang patut didengar adalah "kampus kemarau". ini adalah lagu full-ambience. betapa tidak, pejamkan mata anda dan dengarkan lagu ini. maka, imajinasi akan membawa anda menuju musim semi di sebuah kampus--kalau di bayangan gue sih Universitas Indonesia, bukan kampus gue--dengan ribuan pepohonan rindang. pepohonan itu meranggas dengan dedaunan di sepanjang jalan menuju kampus.

uniknya, lagu ini dibuka oleh bunyi synthesizer. tak hanya di awal, sepanjang lagu pun diisi dengan bebunyian synthesizer. namun, suara modern ini tidak mempengaruhi ke-lampau-an lagu ini. perlu digaris bawahi. punggawa white shoes and the couples company kerap kali menggunakan ragam bahasa bergaya lampau. tengoklah lirik "tolong batara surya" atau "di kantin ramai dara nan ayu"

ada pula lagu "vakansi". nah, ini juga merupakan lagu yang menjadi ajang kolaborasi musisi lama dan modern. di lagu ini, white shoes and the couples company menggandeng oele pattiselano. oele merupakan salah seorang gitaris jazz kenamaan. jika dilihat dari umurnya, mungkin dia satu angkatan dengan musisi jazz kawakan, jack lesmana.

lagu ciptaan sang pemain bass, ricky surya virgana, ini menjanjikan suasana nyaman dan menarik ketika berlibur. dari judulnya saja sudah tampak, "vakansi". lirik catchy dan aransemen indah mewarnai lagu ini. suara sang vokalis aprilia sari pun terdengar halus dan lembut. ini mengingatkan saya kepada trio lawas, noor bersaudara.

meski resensi ini telat keluar karena album vakansi sudah setahun beredar, maklum menulis butuh mood yang mantap bung. kendati hanya membedah tiga lagu, saya harap semoga cukup untuk memanjakan imajinasi anda tentang band ini.

i really recommended this album. untuk kalian yang ingin berlibur, namun terjebak rutinitas. tak perlu kalian mengangkat pantat dari kursi atau beranjak dari kantor.kalian hanya perlu memutar album vakansi dan biarkan jiwa liar anda berlibur ke beragam tempat. cheers mate!

(ras/14072011)

No comments: