Thursday, August 18, 2011

clash of the titans

sebuah kisah kepahlawanan yang mengangkat cerita perseus, manusia setengah dewa. dia lahir dari rahim seorang manusia yang dibuahi oleh zeus, dewa dari segala dewa. bayi perseus dibuang oleh sang kakek, acrisius, karena murkanya kepada sang dewa. dibungkus peti kayu, dia dan ibunya dihanyutkan ke laut. terombang-ambing oleh derasnya ombaknya dan gelombang laut.

dewi fortuna berpihak kepada sang bayi. atas laporan hermes, dewa pengirim pesan, zeus mengetahui keberadaan sang buah hati. meminta bantuan poseidon, dewa laut, dia membawa bayi perseus ke sebuah pulau. ya, pulau dengah keindahan memukau. di sana pula, perseus mendapatkan keahlian bertarung dan keterampilan sebagai seorang prajurit yunani.

singkat cerita, perseus pun tidak begitu saja melenggang bebas dalam kisah ini. seorang musuh mengintai dari kejauhan. dia adalah calybos, anak haram dari thetis, seorang nimfa laut dan zeus. oleh sang dewa petir, calybos pun dikutuk menjadi buruk rupa. Perangainya yang buruk membuat zeus geram serta murka.

andromeda

dalam kisah ini, andromeda hadir di antara keduanya. andromeda adalah putri dari kerajaan argos yang memiliki wajah cantik bagai seorang dewi. lahir dari pasangan raja cepheus dan casiopea, andromeda menjadi salah satu wanita tercantik. para dewi di olympus pun menaruh iri, sedangkan para dewa malah menaruh hati.

andromeda sangat dipuja oleh calybos. namun, tidak dengan andromeda. dia menaruh hati dan cintanya kepada perseus. pun demikian dengan perseus. tapi, kisah cinta itu menuai amarah dari thetis. dia pun membujuk poseidon dan zeus untuk menghukum andromeda, wanita yang membuat sang anak terlena. terhasutlah kedua dewa itu oleh thetis.

wanita itu akan dikorbankan kepada kraken, titans atau raksasa penghuni lautan yang juga anak dari poseidon. di sinilah, perseus hadir menolong sang putri jelita. untuk melawan kraken, dibutuhkan lawan yang sepadan, seekor titans juga. menurut tiga peramal bernama fates, adalah medusa yang sanggup melawan kraken.

medusa

tak segampang itu membunuh medusa dan mengambil kepalanya. perseus harus pergi ke sarang medusa di pulau terpencil. ditemani sejumlah prajurit terpilih, perseus menunaikan tugas yang diembannya. memasuki sarang medusa, mereka menghadapi suasana yang sangat mencekam. bau bangkai manusia, dan nafas penuh amarah memenuhi selasar sarang medusa.

dahulu kala, gorgon medusa adalah seorang perempuan cantik, sangat cantik. para dewa memujanya. hingga kemudian, poseidon diburu nafsu sesat. dia memperkosa medusa di dalam kuil suci athena. membela poseidon, athena malah menghukum medusa. wanita malang itu diubah menjadi sosok buruk dengan rambut ulang. siapapun yang memandangnya akan menjadi batu.

di sarang tersebut, manusia yang telah menjadi batu bertebaran. kondisi ini membuat nyali para prajurit ciut. dengan terus menghunus senjata, mereka terus waspada. malang, satu persatu dari mereka tumbang. hanya perseus yang tersisa. mengandalkan senjata dan perisai dari zeus, perseus berupaya melawan medusa. dia waspada dengan kelihaian medusa.

ketika melawan medusa, perseus enggan melihat matanya. ketika itu, athena, dewi keadilan, membisikkan petunjuk kepada perseus. kepada perseus, athena memintanya untuk melihat pantulan wajah medusa dari perisai pemberian dewa itu. benar saja, dengan melihat pantulan itu, perseus langsung menebas kepala medusa. medusa pun tumbang tak bernyawa.

kraken

air laut bergejolak. ombak beriak. langit berubah kelam. petir menyambar. monster bernama kraken telah dilepaskan dari belenggu oleh poseidon. tak hanya dunia manusia, dunia para dewa pun dilanda gemuruh dan gempa hebat. ini adalah tanda kedatangan seorang titans. kraken memunculkan dirinya dari laut. besar dan menakutkan dengan tangan bagai gurita.

andromeda, sang putri argos, telah berada dalam pasungan. dia dirantai di sebuah tebing menjulang di tepi lautan, menanti ajal yang hendak dibawa oleh kraken. belenggu yang sangat hebat, namun andromeda hadir dengan ketenangan nan erat. dia terus menunggu perseus yang menjanjikan pertolongan kepadanya. dia pasrah, meski perseus berjanji hendak datang.

kepak sayap pegasus, sang kuda terbang, terdengar dari kejauhan. perseus tiba dengan berjuta harapan. bersenjatakan pedang dan kepala medusa, dia menghampiri kraken. pertempuran hebat pun terjadi. sebuah pertempuran yang disaksikan manusia dan para dewa. bagaikan david melawan goliath, perseus melawan sosok yang lebih besar dari dirinya.

namun, ketika kraken lengah, perseus pun mengangkat kepala medusa. diperlihatkannya kepala itu kepada kraken. tak kuasa menghindar, kraken pun melihat kepala yang penuh dengan rambut ular itu. seketika itu pula, kraken berubah menjadi batu. dia hancur berantakan dan tenggelam ditelan lautan luas. anak dari poseidon itupun hancur tanpa sisa.

andromeda terselamatkan. sang putri pun mengikat cintanya dengan perseus. keduanya menjadi penguasa yang bijaksana bagi kerajaan argos. dan nama perseus dikenang jagad mitologi yunani, terpatri dalam setiap buku dan literatur bangsa yunani. sedangkan, calybos mati menanggung segala kesombongan dan kedengkian dirinya.

(ras/19082011)

No comments: