Monday, January 30, 2012

untuk sahabat...

if I die tomorrow
i'd be all right
because I believe
that after we're gone
the spirit carries on

(spirit carries on/dream theater)

lagu spirit carries on mengiringi kepergian dua sahabat. seperti diketahui, ambience lagu ini membuat orang tergugah, dengan klimaks yang sangat hebat. pun demikian dengan kepergian mereka. cukup membuat kami tergugah, namun menjanjikan klimaks yang menyedihkan. terutama bagi kami, para sahabat.

perkenalan ini memang singkat bagi saya. tidak sampai satu tahun, saya harus melepas kepergian mereka. ya, mereka bagaikan sepasang burung indah yang terbebas dari pasungan berselimutkan emas. entah kemana, mereka akan berlabuh. tapi, saya berharap pelabuhan itu merupakan tempat termegah bagi mereka.

tidak hanya saya, mungkin hampir setiap insan di dunia ini membenci perpisahan. namun, apakah ini perpisahan? menurut saya tidak. sebab, perpisahan hanyalah diperuntukkan bagi orang-orang yang hendak meninggalkan dunia fana, menuju alam keabadian. tapi, dua sahabat ini pergi untuk kembali.

ragam kejadian dialami oleh kami. itulah kenangan, memori yang tak pernah lepas menghiasi jiwa dan raga. ribuan kebahagiaan, kebanggaan, dan nestapa turut menemani perjalanan ini. diantarkanlah kami, seperti pendayung yang setia mendampingi tuannya, dan membawa mereka ke muara yang tak berujung.

tulisan ini tak lebih dari buah tangan, tidak berharga. namun, sudah sepantasnya tulisan ini ditujukan bagi mereka yang datang dan pergi, bukan berpisah. untuk keduanya, saya merasa terhormat karena bisa memanggil mereka dengan sebutan saudara dan sahabat. semoga pelabuhan itu menjadi yang terindah.

(ras/31012012)

No comments: